3 Tips Mencari Kerja untuk Anda yang Pengganguran

Jakarta – Menganggur pasca keluar dari pekerjaan lama di masa kondisi ekonomi dunia tengah tidak baik, memang bukan suatu hal yang menyenangkan. Namun hal lebih sulit akan dialami oleh mereka yang sama sekali belum pernah bekerja dan cukup lama jadi pengangguran. Kondisi itu membuat orang tersebut lebih sulit mendapatkan pekerjaan.

Mereka yang belum pernah kerja atau pengangguran susah memperoleh pekerjaan karena kebanyakan bagian HRD memilih orang yang sebelumnya punya pengalaman. Hal tersebut terungkap dari tulisan New York Times yang membahas soal diskriminasi di dunia kerja.

“Berdasarkan review dari beberapa situs pencari kerja yang cukup populer terungkap, pencari kerja lebih memilih atau merekrut orang yang masih bekerja atau baru saja keluar dari pekerjaannya,” begitu tulis koran tersebut.

Bagi Anda yang sama sekali belum punya pengalaman dan pernah bekerja, tentu cukup pusing membaca fakta di atas. Tapi bukan berarti tidak ada jalan keluarnya untuk tidak lagi menjadi pengangguran. Simak tipsnya seperti yang dikutip dari She Knows berikut ini:

1. Ambil pekerjaan apapun posisinya

Jika Anda mendapatkan suatu pekerjaan dengan posisi yang bukan Anda harapkan, sebaiknya Anda tidak menolak tawaran tersebut. Anda sebaiknya harus berpikir terlebih dahulu sebelum Anda menolaknya. Jika Anda mendapatkan tawaran pekerjaan tetapi bukan dengan posisi yang disukai, setidaknya jika diterima, Anda akan menjadi seorang pekerja atau karyawan dan bukan lagi sebagai pengangguran. Dengan begitu untuk ke depannya jika Anda ingin mencari pekerjaan yang lain yang sesuai dengan keinginan Anda, pekerjaan tersebut bisa jadi referensi sehingga bisa memudahkan Anda nantinya.

2. Menjadi relawan atau ikut program magang

Anda tidak mendapatkan suatu pekerjaan dalam waktu yang lama? Sebaiknya Anda mencoba untuk menjadi seorang relawan atau dapat juga mengikuti program magang terlebih dahulu dalam suatu perusahaan. Meskipun Anda tidak akan mendapatkan bayaran dengan hasil jerih payah Anda selama menjadi relawan atau magang di suatu perusahaan, setidaknya itu bisa jadi pengalaman Anda nantinya saat melamar di perusahaan yang diinginkan. Anda dapat menjelaskan pekerjaan apa saja yang Anda lakukan selama menjadi relawan atau selama mengikuti program magang.

3. Ceritakanlah pengalaman Anda

Salah satu cara terbaik untuk menjadi seorang kandidat yang dapat dipertimbangkan oleh suatu perusahaan yaitu dengan menjelaskan apa pekerjaan Anda sebelumnya. Ceritakanlah pengalaman Anda selama ini. Meskipun Anda adalah seorang pengangguran yang belum pernah bekerja sebelumnya atau belum pernah menjadi seorang relawan, akan tetapi Anda dapat menjelaskan bagaimana kegiatan Anda selama Anda menganggur.

Jangan segan untuk menceritakan kegiatan-kegiatan ataupun tugas dan pekerjaan yang selama ini Anda lakukan. Jika Anda dapat menjelaskan bagaimana menjadi seorang pengangguran ternyata bisa jadi pelajaran hidup yang berharga, Anda juga dapat memiliki peluang untuk memenuhi syarat di dalam suatu perusahaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s